MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL)

Argumentasi seharusnya menjadi salah satu tujuan dari kegiatan pembelajaran dan sebagai keterampilan yang dimiliki oleh siswa untuk mendukung, membuat hubungan antara fakta dan konsep, serta untuk mentransfer pencapaian pengetahuan ke dalam contoh kehidupan sehari-hari. Kemampuan argumentasi penting untuk dilatihkan pada proses pembelajaran agar peserta didik memiliki nalar yang logis, pandangan yang jelas, dan penjelasan yang rasional dari hal-hal yang dipelajari. Selain itu kemampuan argumentasi dapat membekali peserta didik untuk memberikan penjelasan tehadap fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan teori/konsep IPA. Berdasarkan hal tersebut maka sebagai seorang guru penulis bertanggung jawab untuk berperan serta meningkatkan keterampilan berargumentasi peserta didik melalui praktik pembelajaran inovatif ini.

    Leave Your Comment Here

    ArabicEnglishIndonesian