Mengenal Zakat Lebih Dekat

YPI AL-Multazam HK (18/03) – Dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H, Divisi HRD bekerjasma dengan Divisi Otonom YPI AL-Multazam HK menyelenggarakan acara Tarhib Ramadhan pada hari jumat, 18 Maret 2022 dengan mengambil tema “Mengenal Zakat Lebih Dekat”. Acara ini diisi oleh Ustadz Iwan Setiawan, Lc dan dihadiri oleh seluruh SDM di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam, Al-Multazam 2 dan STIQ Al-Multazam. Acara ini dilaksanakan melalui media daring (Zoom Meeting) dan disiarkan secara langsung melalui media Youtube.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ustadz Ihya Ulumuddin, S.Pd.I dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Divisi Otonom, Ustadz Juheni, S.Ag., M.Pd. Dalam sambutannya, Ustadz Juheni berharap bahwa keberkahan bulan Ramadhan tidak hanya diraih oleh Divisi Otonom, terkhusus Bagian Laziswaf saja, namun juga bagi seluruh bagian dan komponen di YPI Al-Multazam HK. Untuk itu beliau berpesan agar semua bersama-sama berusaha meraih keberkahan dengan mendukung berbagai program yang ada.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ustadz Agus Hidayatul Rohman, S.Tp, Kepala Bagian Laziswaf Al-Multazam. Dalam kesempatan ini beliau memaparkan berbagai program yang akan digalakan pada Ramadhan kali ini. Tidak hanya zakat fitrah, tetapi juga berbagai program lain seperti : paket sembako dan santunan, wakaf Al-Quran, paket buka puasa, paket cinta Idul Fitri, dan lain sebagainya. Beliau juga menyampaikan histori pembentukan Lembaga Amil Zakat, Infak, Shadaqah dan Wakaf Al-Multazam serta perjalanannya sejak didirikan.

Dalam kegiatannya, Laziswaf Al-Multazam bermitra dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional yang terdaftar dan diakui oleh pemerintah. Dan acara kali ini diisi oleh Ustadz Iwan Setiawan, Lc, yang juga sebagai Anggota Biro Kepatuhan Syariah Laznas IZI.

Sesuai dengan tema, Ustadz Iwan menyampaikan materi untuk mengenal zakat lebih dekat. Beliau menjelaskan definisi, sejarah dan dalil dari ibadah zakat yang merupakan salah satu dari rukun Islam ini. Beliau pun menyampaikan berbagai masalah kontemporer dari zakat, serta memberikan contoh masalah dan penghitungannya. Penjelasan disampaikan dengan runut dan jelas, sehingga para hadirin menyimaknya dengan penuh antusias.

Di akhir penyampaian, beliau pun men-share materi kepada para peserta untuk bisa dijadikan sebagai bahan telaah dan pegangan. Semoga kita semua dapat memahami materi ini dengan baik dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga keberkahan Ramadhan akan datang dan diraih bersama.

Acara ini adalah Tarhib Ramadhan sesi pertama yang diselenggarakan oleh Divisi HRD, dan in sya Allah akan ada sesi berikutnya di kesempatan yang akan datang. Bersama sambut Ramadhan untuk raih keberkahan Ramadhan.

(AM – Kontributor Al-Multazam 2)

    Leave Your Comment Here

    ArabicEnglishIndonesian