YPI AL-MULTAZAM HUSNUL KHOTIMAH MELALUI DIVISI HUMAS DAN DAKWAH DAN DIVISI SARANA DAN EKONOMI BERKUNJUNG KE LPD AL-BAHJAH UNTUK BELAJAR

YPI AL-MULTAZAM HUSNUL KHOTIMAH MELALUI DIVISI HUMAS DAN DAKWAH DAN DIVISI SARANA DAN EKONOMI BERKUNJUNG KE LPD AL-BAHJAH UNTUK BELAJAR

 

Al-Multazam (18/9) LPD Al-Bahjah merupakan Lembaga Pengembangan Dakwah dibawah pimpinan Buya Yahya yang berpusat di Sumber Cirebon. KH. Yahya Zainul Ma’arif atau lebih akrab dikenal dengan Buya Yahya ini merupakan sosok ulama Kharismatik Jawa Barat yang telah mengudara di berbagai media, baik media cetak, online, radio maupun stasiun televisi. Ceramah-ceramahnya yang halus, lembut, lugas, tegas, jelas, dan memiliki ciri khas tersendiri tersebut, membuat masyarakat membludak menghadiri majelis-majelis beliau.

Dari latar belakang tersebut, Yayasan Pendidikan Islam Al-Multazam Husnul Khotimah melalui Divisi Humas dan Dakwah dan Divisi Sarana dan Ekonomi menyempatkan diri untuk menimba ilmu disana, khususnya bagian Humas, Dakwah, Media dan Ekonomi.

Sebagaimana disampaikan oleh Ust. Juheni, S.Ag.,M.Pd. selaku Kepala Divisi Humas dan Dakwah bahwasanya tujuan kedatangan kami ke LPD AL-Bahjah adalah untuk 1) silaturahim, menyambung kekerabatan dengan orang-orang yang dekat dengan pendiri yaitu Alm. KH. Sahal Suhana, SH. yang memiliki kedekatan dengan Buya Yahya. 2) Untuk belajar dan meminta nasihat, lebih khusus lagi bidang Humas, Dakwah, Media dan Ekonomi, dan 3) Untuk meminta doa dari Buya Yahya untuk keberkahan kita semua.

“Tujuan kami kesini adalah untuk menyambung silaturahim dengan orang-orang yang dekat dengan pendiri, Alm. KH. Sahal Suhana, SH dan kami ingin belajar dengan Al-Bahjah khususnya bagian Humas, dakhwah, Media dan Ekonomi, dan kami ingin minta nasihat serta doanya.” Tutur Ust. Juheni membuka pembicaraan

Kedatangan kami disambut oleh Ust. Sayf Abu Hanifah selaku Ketua Umum Yayasan Al-Bahjah, Ust. Muhammad selaku Ketua Divisi Umum, Ust. Toto bagian perwakafan, Ust. Haris selaku Sekretaris Yayasan dan Koordinator Tahfidz di seluruh Cabang Al-Bahjah, Ust. Romli bagian Media dan Dakwah, Ust. Alfan bagian Ekonomi di Ruang pertemuan Kantor Yayasan Al-Bahjah.

Sebagaimana disampaikan oleh Ust. Sayf Abu Hanifah dalam pembukaannya, bahwasanya berjuang tidak harus nunggu sempurna, berdakwah juga tidak harus nunggu kaya, tidak harus nunggu ilmunya luas dan sebagainya, tapi mulai saja dulu, nanti tinggal dievaluasi, itulah yang dipesankan dan diperjuangkan Buya Yahya dalam membesarkan LPD Al-Bahjah. Adapun untuk bidang ekonomi, beliau sampaikan bahwa semua kegiatan perekonomian di LPD Al-Bahjah bermuara pada Dakwah, dimana pemikiran yang dihadirkan adalah “Bagaimana caranya agar kegiatan Dakwah ini bisa terus berjalan, karena ada Kaidah yang dituturkan Buya Yahya, bahwasanya ketika memulai satu mejelis, maka majelis itu akan terus berjalan sampai hari kiamat.

Sebagaimana kita ketahui bahwasanya bidang-bidang ekonomi yang dikembangkan oleh Al-Bahjah sangat banyak, mulai dari usaha yang kecil-kecil seperti toko sayur, mini market, fotocopy, cetak foto, dsb sampai dengan AB Mart, AB Chicken, Travel Umroh dan Haji, dan Transportasi yang semua kegiatan usaha itu murni keuntungannya untuk kegiatan Dakwah dan untuk membesarkan Pondok melalui Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah.

Kami melihat bahwa kegiatan dakwah yang ada di LPD Al-Bahjah itu sangat kental dan kuat, sehingga siapapun orangnya yang berada di lingkungan Al-Bahjah memiliki tanggung jawab berdakwah baik dengan lisannya maupun dengan perbuatan dan sikapnya. Adapun pola-pola dakwah yang diterapkan sesuai dengan nasihat dari Buya Yahya ada tiga poin penting, yaitu 1) Niat harus karena Allah, apapun itu harus dikoreksi agar niat berjuang karena Allah Swt, 2) Saling mencintai karena Allah, dan 3) Budayakan saling menasehati dan senang dinasehati. InsyaAllah dengan 3 hal tersebut bisa menamkan kecintaan kepada perjuangan dakwah, sehingga pemikiran kita yang dilahirkan adalah bagaiamana caranya kita berkontribusi terhadap dunia dan dakwah.

Adapun bagian media yang telah berhasil membesarkan nama Al- Bahjah meliputi Media Online seperti Medsos, Youtube dan Online Streaming, Media Cetak seperti Bulletin, Buku dan sebagainya, Media Radio yang telah tersebar di beberapa Daerah salah satunya di Kuningan, yaitu RadioQu.

Alhamdulillah kami diizinkan untuk belajar sedikit di studio mereka dan kami juga dizinkan untuk ikut pelatihan kemediaan dan memperhatikan bagaimana proses record sampai dengan publishnya.

Mudah-mudahan kegiatan silaturahim kami ke LPD Al-Bahjah hasilnya dapat kita amalkan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Multazam Husnul Khotimah, agar dakwah beriringan, seperti apa yang disampaikan oleh Buya Yahya.

Demikian Liputan ini kami sampaikan, Yudi Yudistira dan Crew yang bertugas, MediaAM-Bertugas.

Be Sociable, Share!

MediaAM

Ponpes Terpadu Al-Multazam merupakan Pondok Pesantren yang berada di bawah kaki Gunung Ciremai, Gunung terbesar di Jawa Barat dengan Cuaca yang sejuk, rindang, hijau, air bersih dan nyaman untuk pembelajaran. Adapun alamat Ponpes Terpadu Al-Multazam ada di dua tempat, yakni 1. Desa Maniskidul Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan 2. Desa Linggajati Kec. Cilimus, Kab. Kuningan Info Pendaftaran di www.prs.almultazam.sch.id