VISITASI DAN AKREDITASI SMPIT AL-MULTAZAM 2 OLEH BADAN AKREDITASI NASIONAL SEKOLAH MADRASAH (BAN-SM)

VISITASI DAN AKREDITASI SMPIT AL-MULTAZAM 2 OLEH BADAN AKREDITASI NASIONAL SEKOLAH MADRASAH (BAN-SM)

Al-Multazam (26/9) Setelah proses Visitasi dan Akreditasi SMPIT Al-Multazam 1 selesai dan berjalan maksimal, maka SMPIT Al-Multazam 2 pun tengah berlangsung kegiatan Visitasi Akreditasi oleh BAN-SM Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari mulai hari ini (26/9) sampai dengan esok hari (27/9) dengan penilaian dari berbagai aspek, yang nantinya penilaian oleh Tim Asesor akan menghasilkan nilai akreditasi.

Proses Visitasi Akreditasi ini telah dipersiapkan secara maksimal segenap Civitas Akademika Al-Multazam 2 meskipun informasi yang diterima hanya 4 hari dari hari-H.

Sebagaimana disampaikan oleh Pimpinan Ponpes Terpadu Al-Multazam 2, KH. Dul Ahmad Bachtiar, Lc.,M.Pd.I. dalam sambutannya, beliau mengungkapkan bahwa proses pendidikan yang ada di Al-Multazam 2 ini merupakan aktifitas keseharian yang berjalan hampir empat tahun, dan proses visitasi ini merupakan kesempatan kita untuk belajar kepada para ahli pendidikan dari tim asesor, meski terkesan mendadak, tapi insyaAllah sudah kami persiapkan.

“Sebenarnya kami sudah siap untuk visitasi, karena proses pendidikan di Al-Multazam 2 ini merupakan aktifitas keseharian, hanya saja untuk menyempurnakan itu semua butuh persiapan, sehingga kami mohon maaf apabila dalam pelaksanaanya ada sesuatu yang kurang berkenan di hati Bapak/Ibu Tim Asesor, karena kabar visitasi ini kami dapatkan baru 4 hari yang lalu. Oleh karena itu kami mohon rekomendasi dan ilmunya untuk kami yang masih muda ini agar bisa lebih baik lagi.” Tutur KH. Dul Ahmad Bachtiar dalam sambutannya

Selanjutnya, Kepala SMPIT Al-Multazam 2, Ust. Ade Ramansyah, SE.I. memaparkan beberapa kegiatan yang ada di Ponpes Terpadu Al-Multazam 2, meliputi kegiatan akademik dalam kelas maupun non akademik seperti Ekskul, kegiatan kerohanian, kajian, dan lain sebagainya. Lebih jauh lagi beliau meminta masukan dan ilmunya dari Tim Asesor untuk dapat diterapkan di Al-Multazam 2 sehingga menjadi Sekolah unggulan yang diharapkan.

“Inilah potret kegiatan kami disini, mulai dari kegiatan ekskul seperti Pramuka, memanah, bela diri, voli, futsal, badminton, basket, qiroah, marawis, dan lain sebagainya sebagai penunjang dari pembelajaran akademik. Oleh karena itu kami mohon ilmunya dari Bapak/Ibu Tim Asesor, karena kami disini kebanyakan masih muda dan jauh dari kata sempurna.” Sambut Kepala SMPIT Al-Multazam 2, Ust. Ade Ramansyah

Komite Sekolah, KH. Badrudin, Lc., menyampaikan bahwa Al-Multazam 2 ini merupakan sayap pengembangan dari Al-Multazam 1, mengingat begitu besar animo masyarakat menyekolahkan anaknya di Ponpes Terpadu Al-Multazam, sehingga meskipun baru 4 tahun Al-Multazam 2, pada prinsipnya kami sudah ada 16 tahun yang lalu. Dan sebagaimana akreditasi sebelumnya, mulai dari TKIT, SDIT, SMPIT, dan SMAIT, alhamdulillah selalu mendapatkan Akreditasi “A”, dan kami juga mohon keluasan hati Bapak/Ibu Tim Asesor untuk memberikan rekomendasi dan kemudahannya dalam penilaian nanti.

“Alhamdulillah, mulai dari TKIT, SDIT, SMPIT dan SMAIT kami selalu mendapatkan Akreditasi “A”, dan ini juga yang kami harapkan kepada Tim Asesor untuk memberikan penilaian rekomendasinya serta kemudahan sehingga mendapatkan hasil yang kami harapkan.” Tutur KH. Badrudin diaminkan hadirin.

Dari Tim Asesor sendiri, oleh Bp. Muchammad Nidzom dan Ibu Ujianti Prihatini menyampaikan proses penilaian ini hanya dua hari dan tidak boleh lebih, tugas kami disini hanya melihat, memotret dan membuktikan sendiri dari penilaian yang sudah diajukan, sehingga diharapkan semuanya tidak tegang.

“Tenang saja, kami hanya melihat, dan tidak akan menyusahkan Bapak-Ibu semuanya, kecuali ada hal-hal yang harus kami cetak, misalnya informasi yang berbasis IT, oleh karena itu tidak usah tegang, insyaAllah kami akan menilai secara proporsional dan professional, dan nanti akan ada penilaian di kelas, saya kasih bocorannya, diharapkan guru membaca 15 menit di awal waktu, mempelajari RPP sebelum mengajar, itu saja barangkali sementara ini.” Tutur Tim Asesor kepada Hadirin.

Disamping itu, Tim Asesor sangat senang dan terkesan telah disambut dengan meriah, dengan ditampilkannya berbagai atraksi dari santri yang luar biasa, mereka mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih.

Oleh karena itu, kami Segenap Civitas Akademika Al-Multazam mengucapkan jazakumullah Khoiron atas segala dukungan dan doanya, terutama dari Unsur Yayasan dan masyarakat, yang telah mempercayakan kami menjadi keluarga besar, semoga kegiatan visitasi ini berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang terbaik sesuai yang kami harapkan, aamiin.
Demikian Liputan ini kami sampaikan, Yudi Yudistira dan Crew yang bertugas, MediaAM-Melaporkan

Be Sociable, Share!

MediaAM

Ponpes Terpadu Al-Multazam merupakan Pondok Pesantren yang berada di bawah kaki Gunung Ciremai, Gunung terbesar di Jawa Barat dengan Cuaca yang sejuk, rindang, hijau, air bersih dan nyaman untuk pembelajaran. Adapun alamat Ponpes Terpadu Al-Multazam ada di dua tempat, yakni 1. Desa Maniskidul Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan 2. Desa Linggajati Kec. Cilimus, Kab. Kuningan Info Pendaftaran di www.prs.almultazam.sch.id