SOSIALISASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PONPES TERPADU AL-MULTAZAM

SOSIALISASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PONPES TERPADU AL-MULTAZAM

MediaAM (29/7) dalam rangka mengingkatkan kualitas kehidupan yang lebih sehat dan bersih, alhamdulillah Ponpes terpadu Al-Multazam mengadakan kegiatan sosialisasi dan praktik langsung “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)” yang dilaksanakan di Aula kemudian dilanjutkan di Asrama Putra dan Putri.

Kegiatan tersebut diisi langsung oleh Mudirul Ma’had, KH. Adin Nurhaedin, Lc, yang diikuti oleh segenap tim Pembinaan Putra dan Putri untuk sama-sama mempelajari secara teoritis di Aula Ponpes Terpadu Al-Multazam dan mempelajari secara praktis di Lingkungan sekitar, lebih khusus Asrama.

Sebagaimana disampaikan oleh KH. Adin Nurhaedin, Lc. bahwa perilaku bersih dan sehat itu harus dibiasakan, bahkan ditularkan kepada yang lain. “Sebagai seorang murobbi, sudah selayaknya kita semua menjadi contoh yang baik dalam hal kebersihan dan kesehatan bagi para santri, sehingga mereka pun bisa menjaga kebersihan dan kesehatan diri dan lingkungannya.”

Disamping memberikan arahan terkait manfaat kebiasaan hidup bersih dan sehat, beliau secara rinci menjelaskan bagaimana cara membersihkan diri dan lingkungan, seperti halnya cara menyapu yang benar, cara mengepel yang benar, cara mencuci yang benar, cara membuang sampah yang benar, bahkan cara membersihkan toilet yang benar.

Sebelum terjun ke lapangan, mudirul ma’had memberikan tantangan kepada para Asatidz-Asatidzah dengan membuat simulasi kecil di Aula. Misalnya simulai membersihkan lantai dari sampah, mengepel lantai yang basah, mencuci piring, dan lain sebagainya.

Para hadirin dibuat serius dan fokus dalam simulasi tersebut, karena ada tuntutan pribadi agar menunjukan kebolehan terbaik mereka dalam hal menjaga kebersihan dan kesehatan, sehingga semua orang bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan lingkungan serta mengingatkan dalam urusan kebaikan.

Alhasil, dalam membersihkan lantai dari sampah pun ada empat cara, yakni dengna mengunakan sapu, menggunakan tangan, menggunakan alat-alat sekitar, atau dengan cara lainnya, yang penting lantai bersih.

Harapan dari kegiatan tersebut semoga menjadi semangat di dalam menjaga kebersihan, baik untuk diri sendiri sebagai murobbi maupun ditularkan kepada para santri, sehingga perilaku bersih sebagaimana diajarkan dalam Islam ini tercapai.

Yudi Yudistira, MediaAM-Melaporkan

#asyiknya_mondok
#mondok_di_almultazam
#almultazam
#aku_santri
#pinter_itu_mondok
#almultazam_dot_sch_dot_id

klik Facebook Al-Multazam

Be Sociable, Share!

MediaAM

Ponpes Terpadu Al-Multazam merupakan Pondok Pesantren yang berada di bawah kaki Gunung Ciremai, Gunung terbesar di Jawa Barat dengan Cuaca yang sejuk, rindang, hijau, air bersih dan nyaman untuk pembelajaran. Adapun alamat Ponpes Terpadu Al-Multazam ada di dua tempat, yakni 1. Desa Maniskidul Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan 2. Desa Linggajati Kec. Cilimus, Kab. Kuningan Info Pendaftaran di www.prs.almultazam.sch.id