Sekapur Sirih

background YPI Al-Multazam Husnul KhotimahNiscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS Al Mujadilah : 11)

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat dan bangsanya.

Yayasan Pendidikan Islam Al-Multazam Husnul Khotimah didirikan tersebut berdiri dan diresmikan pada tanggal 2 Mei 2002, beralamat di Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan  Jawa Barat Kodepos 45554 Telepon (0232) 613805 Faximile (0232) 614349, website : www.almultazam.sch.id. Berdasarkan UU Nomor 28 Tahun 2004 dan Perubahan Atas UU Nomor 16 Tahun 2001 Tentang Yayasan. Maka Yayasan Pendidikan Islam Al-Multazam Husnul Khotimah telah terdaftar pada Akta Notaris (Perubahan) Yudi Mashudi, SH., M.Kn  Nomor 261 Tanggal 15 Agustus 2016 dan SK KEMHUMHAM Nomor AHU-AH.01.06-0003405.

Sejarah berdirinya Al-Multazam bermula dari pendirinya yaitu H. Sahal Suhana, SH beserta istri pergi menunaikan ibadah haji Tahun 1993. Seperti diketahui bersama Mekkah adalah kota suci umat Islam. Keberkahan selalu ada di sana. Siapa pun yang menziarahinya akan mendapatkan banyak pahala dan bonus dari Allah swt, baik saat umroh maupun berhaji. Di Al-Multazam yang merupakan sebuah tempat yang mustajab dalam memanjatkan doa H. Sahal Suhana, SH terus bermunajat untuk diberikan petunjuk, dan akhirnya H. Sahal Suhana, SH mendirikan TK (Taman kanak-kanak) sebagai langkah awal mendirikan pesantren dan memberikan nama Al-Multazam sebagai cikal bakal nama SDIT, SMPIT, SMAIT, STQ dan Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam.

Permulaan kerja membangun sistem manajemen pendidikan terealisasikan pada bulan Desember 2002 dengan membuka program SDIT pada Tahun Pelajaran 2002-2003. Setahun kemudian dibuka program untuk jenjang SMPIT pada Tahun Pelajaran 2003-2004 dan pada Tahun Pelajaran 2006-2007 dibuka untuk jejang pendidikan SMAIT. Adapun program Santri Tahfidz Al-Qur’an (STQ) mulai dibuka pada Tahun 2006 dan menjadi cikal bakal berdirinya STIQ (Sekolah Tingga Ilmu Al-Qur’an) pada tahun 2016.

Sistem pendidikan yang diterapkan menggunakan Sistem Pendidikan Islami, Terpadu dan Berkesinambungan dengan nama lain Education System Boarding School atau Pendidikan Berbasis Pesantren, dimana santri wajib tinggal diasrama dan mengikuti semua program pendidikan. Bagi santri yang sudah menyelesaikan program dijenjang SMPIT kemudian melanjutkan kejenjang SMAIT.

Yayasan Pendidikan Islam Al-Multazam Husnul Khotimah menyelenggarakan jenjang pendidikan formal di bawah Departemen Pendidikan Nasional yaitu PAUD (KOBER dan TKIT), SDIT, SMPIT dan SMAIT. Sedangkan STIQ dan Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam di Bawah Departemen Agama. Buah kerja keras dan soliditas tim TKIT, SDIT, SMPIT dan SMAIT mendapat pengakuan Akreditasi dari BAN-SM sehingga memperolah predikat A (Amat Baik).