Al-Multazam,Berita

PARA SANTRI TERLIHAT SENANG DENGAN KEGIATAN “PEKAN PENGABDIAN SANTRI PADA MASYARAKAT / P3M” KE-10

7 Dec , 2017  

PARA SANTRI TERLIHAT SENANG DENGAN KEGIATAN “PEKAN PENGABDIAN SANTRI PADA MASYARAKAT / P3M” KE-10

MediaAM, Kuningan, 7 Desember 2017

Tim MediaAM berkesempatan meninjau lokasi P3M yang tempatnya cukup jauh dan terpencil dari Ponpes Terpadu Al-Multazam, yakni di Daerah Pakembangan, Kutakembaran, Cirukem, Kadatuan dan Cibunut Ciniru Kuningan.

Kami sendiri merasakan cukup asing dengan daerah tersebut, mengingat hanya moment seperti P3M inilah yang membuat kami mau tidak mau harus kesana.

Alhasil, cukup menantang dengan berbagai keterbatasan yang ada, mengingat Desa tersebut merupakan Desa Pedalaman Kabupaten Kuningan.

Untuk mencapai daerah tersebut ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dengan kendaraan motor. Jalan yang berlika-liku tajam membuat pengendara motor atau mobil harus ekstra hati-hati, belum lagi dengan jurang yang cukup tinggi.

Namun kepayahan tersebut tergantikan dengan kawasan yang cukup sejuk dan pemandangan yang hijau oleh padi dan rumput serta pepohonan yang menghutan.

Apa yang kami rasakan, dirasakan pula oleh para santri, betul-betul disana mereka harus belajar bersosialisasi dengan banyak masyarakat yang belum terjamah oleh kebudayaan perkotaan.

Selain disana para santri belajar “Prihatin” kata orang sunda, mereka juga belajar berdakwah karena menurut informasi yang kami terima “Kristenisasi” disana cukup besar, sehingga akan berat dijalankan kalau bukan karena mencari Keridhaan Allah Swt.

Disana juga para santri dibagi ke dalam 4 Desa dengan pembagian 2 Desa oleh santri Ikhwan dan 2 Desa lagi oleh Santri Akhwat dengan jarak yang cukup berjauhan, namun tiap Desa ditempakan beberapa Ustad dari Wali Asrama untuk memastikan kegiatan mereka berjalan sesuai dengan SOP yang telah disepakati.

Kesan kami, karena mereka bagian dari Masyarakat Kabupaten Kuningan, ya tetap dengan khas mereka yang santun, suka “Heurey” / bercanda, senang disapa, senang ditanya, senang dimintai bantuan, senang juga dibantu, dan sebagainya, apalagi dari P3M ini banyak kegiatan besar yang insyaAllah sangat diminati oleh masyarakat setempat.

Benar kata pepatah, “Pengalaman adalah guru yang terbaik”, karena dengan pengalaman mereka langsung belajar dan mengamalkan, berbeda jika ilmu didapat di bangku kelas, mungkin mereka belajar tapi tidak langsung diamalkan.

Oleh karena itu, Ponpes Terpadu Al-Multazam menjadikan kegiatan ini sebagai program unggulan, kedepan insyaAllah akan lebih luas lagi wilayah dakwahnya dan lebih mantap lagi pelaksanaannya. Jadi doakan kami akan diberikan kemudahaan dan keberkahan oleh Allah Swt.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Ust. Juheni, S.Ag.,M.Pd. bahwa salah tujuan dari P3M ini adalah mencari nilai Dakwah dan dalam rangka pembelajaran bagi santri. Beliau juga menitpkan para santri kepada pemerintahan dan masyarakat setempat, mohon maaf jika selama pelaksanaan nanti banyak hal yang kurang berkenan.

 

Demikian sementara laporan ini kami sampaikan, Yudi Yudistira, dan Crew yang bertugas, MediaAM-Melaporkan

, , , ,


Comments are closed.