FOKUS DENGAN SEBUAH VISI

Kuningan, 20 Maret 2018

Al-Multazam sebagai Lembaga Pendidikan dengan berbagai dimensi keunggulan yang bermoto “membina generasi Qur’ani, berakhlak mulia, berprestasi, dan terampil berbahasa” terus menunjukkan eksitensinya sebagai lembaga pendidikan yang berkontribusi besar bagi ummat. Dibuktikannya dengan terus membangun satuan pendidikan mulai dari KB-TK, SD, SMP, SMA, dan Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) yang semua jenjang pendidikan tersebut berporos pada satu visi yang “Qur’ani, Akhlak Mulia, Prestasi, dan Terampil Berbahasa”.

Jika kita lihat kurikulum yang diterapkan, maka kita akan menemukan bahwa kurikulum tersebut selalu mengunggulkan pengajaran Al-Qur’an dengan berbagai metode. Sebagaimana telah dilaksanakan SDIT Al-Multazam pada sabtu lalu (10/3) yang berhasil meluluskan 75 anak untuk mengikuti wisuda kelulusan Khataman dan Imtihan Metode Ummi. Menariknya, hampir di semua jenjang pendidikan Al-Multazam selalu menggunakan metode ini dalam pengajarannya, meski tak dapat dipungkiri ada beberapa orang yang memilih metode lain dalam pengajarannya.

Dari data di atas, dapat dipastikan bahwa Al-Multazam tetap berkomitmen untuk menjadikan Al-Qur’an dan Sunnah sebagai basic pengajaran ilmu pengetahuan di dalam kelas maupun di lingkungan Al-Multazam.

Pertanyaannya, mengapa Al-Qur’an dan Sunnah begitu penting untuk kami terapkan ?

Sebagaimana diungkapkan Pimpinan Ponpes Terpadu Al-Multazam, KH. Adin Nurhaedin, Lc. bahwa sistem pengajaran dan penerapan kurikulum terinspirasi dari sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhori bahwasanya Rosulullah Saw bersabda “Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.”,

“Sebuah visi Qur’ani dijabarkan dalam perilaku sehari-hari, dimana norma-norma kehidupan yang menjadi kultural sebuah pesantren, khususnya di Al-Multazam harus sesuai dengan kaidah yang telah ditetapkan Al-Qur’an dan Sunnah Nabi Saw, sehingga perilaku tersebut menjadi perilaku yang rahmatan lil ‘alamin.” Tutur KH. Adin Nurhaedin, Lc. saat diwawancarai MediaAM

Di sisi lain, Ketua Yayasan, KH. Abdul Rosyid, Lc.,M.Ag., membuat sebuah komitmen yang baik tentang sebuah peraturan kepegawaian yang diatur melalui kebijakan HRD oleh H. Badrudin, Lc. untuk memastikan semua Civitas Akademika Al-Multazam, termasuk guru dan pegawai harus bisa membaca Al-Qur’an dengan baik melalui program Tahsin, One Day One Juz (ODOJ), pembinaan Al-Qur’an, dan minimal halafan 3 juz untuk pegawai.

Meskipun dalam pelaksanaanya, Divisi HRD oleh H. Badrudin, Lc., membina semua kalangan pegawai dan guru, sedangkan untuk pegawai nonguru diserahkan kepada Divisi Humas dan Dakwah, oleh Ust. Juheni, S.Ag.,M.Pd. yang telah berjalan lebih dari 1 tahun ini.

Menariknya, kebijakan ini diterapkan untuk semua keluarga besar Al-Multazam, baik itu guru, karyawan, bagian keuangan, saranan, laundry, dapur dan sebagainya, sehingga disini kami melihat ada sebuah keadilan dalam menunaikan hak mereka untuk belajar agama, salah satunya belajar Al-Qur’an.

Seperti gambar di bawah ini, mereka adalah pegawai Al-Multazam yang tidak ada sangkut pautnya secara langsung dengan para santri Ponpes Terpadu Al-Multazam, mereka dari bagian keuangan, media, dan lain sebagainya, namun mereka tetap belajar Al-Qur’an dengan metode Ummi oleh Ust. Endang Prihatna, S.Pd.

Para Pegawai Antusias Mengikuti Tahsin Al-Qur'an Bersama Ust. Endang Prihatna, S.Pd.
Para Pegawai Antusias Mengikuti Tahsin Al-Qur’an Bersama Ust. Endang Prihatna, S.Pd.

Akhirnya kami sebagai penulis, merasa sangat bahagia bisa menjadi bagian dari Al-Multazam yang berdakwah melalui pendidikan dan dunia jurnalistik, semoga review kami ini juga bisa bermanfaat untuk menjadi referensi Bapak – Ibu untuk bergabung dengan sebuah lembaga pendidikan.

Salam Hormat, Yudi Abu Nabhan

Be Sociable, Share!

MediaAM

Ponpes Terpadu Al-Multazam merupakan Pondok Pesantren yang berada di bawah kaki Gunung Ciremai, Gunung terbesar di Jawa Barat dengan Cuaca yang sejuk, rindang, hijau, air bersih dan nyaman untuk pembelajaran. Adapun alamat Ponpes Terpadu Al-Multazam ada di dua tempat, yakni 1. Desa Maniskidul Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan 2. Desa Linggajati Kec. Cilimus, Kab. Kuningan Info Pendaftaran di www.prs.almultazam.sch.id