DKM MASJID DAN AKTIFIS MAHASISWA IKUTI PELATIHAN IDAROH MASJID, IMAM DAN KHATIB DI PONPES TERPADU AL-MULTAZAM

DKM MASJID DAN AKTIFIS MAHASISWA IKUTI PELATIHAN IDAROH MASJID, IMAM DAN KHATIB DI PONPES TERPADU AL-MULTAZAM

Al-Multazam (13/10) Peranan Masjid pada zaman Rosulullah Saw dan zaman saat ini sungguh berbeda. Pada zaman Rosulullah Saw, Masjid menjadi pusat pembinaan dan pendidikan kaum muslimin menuju sebuah peradaban yang tercatat dalam sejarah sebagai peradaban terbaik. Sementara Masjid pada zaman ini sedikit mengalami pergeseran nilai dan fungsi, Masjid terkesan hanya sebagai tempat shalat jumat atau shalat berjamaah, tidak ada lagi tempat pembinaan dan penyusunan siasah atau musyawarah untuk kemajuan ummat kecuali hanya beberapa masjid saja.

Dari latar belakang itulah, Ponpes Terpadu Al-Multazam melalui Divisi Humas dan Dakwah YPI Al-Multazam HK menyelenggarakan Dauroh Idaroh Masjid, Imam dan Khatib.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Ponpes Terpadu Al-Multazam yang diikuti oleh DKM Masjid se Kec. Jalaksana, Cilimus dan beberapa daerah sekitar. Kegiatan itu juga diikuti oleh Aktifis Mahasiswa dari beberapa Universitas yang ada di Kuningan.

Sebagaimana disampaikan oleh Ust. Juheni, S.Ag.,M.Pd. bahwasanya agenda pelatihan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Divisi Humas dan Dakwah YPI Al-Multazam HK, dan target kegiatan ini adalah lebih kepada penyusunan program kerja dari tiap DKM.

Adapun materi Idaroh Masjid atau manajemen Masjid langsung diisi oleh KH. Adin Nurhaedin, Lc., selaku Pimpinan Ponpes Terpadu Al-Multazam selama kurang lebih 2 jam.

Semangat hadirin mengikuti pelatihan patut diacungkan jempol dan apresiasi yang tinggi karena mereka betul-betul berniat mencari ilmu khususnya belajar manajemen masjid dalam rangka memakmurkan masjidnya masing-masing.

Adapun materi yang beliau sampaikan merupakan gambaran manajemen Masjid dengan mengambil contoh dari Masjid Jogokariyan Yogyakarta, yaitu 1) How to Image, 2) How to Manage, dan 3) How to Make Success

Setelah kegiatan ini akan dilaksanakan akan ada follow up berupa kerja sama dengan para DKM yang ada di Kecamatan Jalaksana, Kecamatan Cilimus dan Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, Materi tentang Imam dan Khatib disampaikan oleh Ust. Ryan Nugraha, Lc.,M.Pd. dengan bahasa yang mirip dengan Ust. DR. Khalid Basalamah.

Harapannya semoga ada output dari pelatihan ini dengan indikasi makmurnya masjid-masjid di tempat masing-masing.

Demikian liputan ini kami sampaikan, Yudi Yudistira dan Crew yang bertugas, MediaAM-Melaporkan

Pendaftaran Santri Baru : https://bit.ly/2yi8Z70
Facebook : https://bit.ly/2uOnfCw
Twitter : https://bit.ly/2uzuFKD
Instagram : https://bit.ly/2zSrd2Q
Youtube : https://bit.ly/2O2DVPN
Website : https://bit.ly/2NnEgLq
Telegram : https://bit.ly/2NnEPVy

#PendaftaranSantriBaru
#AyoMondok
#Almultazam
#PesantrenTerbaik
#PesantrenQuran
#PesantrenBersih
#PesentrenSejuk
#PesantrenNyaman
#AyoMondokdiAM
#SayaSantriAlMultazam
#MediaAm
#AMTV

Be Sociable, Share!

MediaAM

Ponpes Terpadu Al-Multazam merupakan Pondok Pesantren yang berada di bawah kaki Gunung Ciremai, Gunung terbesar di Jawa Barat dengan Cuaca yang sejuk, rindang, hijau, air bersih dan nyaman untuk pembelajaran. Adapun alamat Ponpes Terpadu Al-Multazam ada di dua tempat, yakni 1. Desa Maniskidul Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan 2. Desa Linggajati Kec. Cilimus, Kab. Kuningan Info Pendaftaran di www.prs.almultazam.sch.id