APEL PERDANA PONPES TERPADU AL-MULTAZAM SEMESTER GENAP

APEL PERDANA PONPES TERPADU AL-MULTAZAM SEMESTER GENAP

Kuningan- Senin, 8 Januari 2018
Telah dilaksanakan Apel Perdana Ponpes Terpadu Al-Multazam Semester Genap di Lapangan Takraw, yang diikuti oleh segenap Santri dan para Asatidz Ponpes Terpadu Al-Multazam. Kegiatan ini merupakan awal dari proses pendidikan Ponpes Terpadu Al-Multazam pada semester genap T.A. 2017-2018, harapannya Upacara ini bisa memotivasi para santri untuk menyongsong kegiatan pembelajaran yang lebih baik.

Sebagaimana disampaikan oleh KH. Adin Nurhaedin, Lc. Selaku Mudirul Ma’had Al-Multazam dalam amanatnya, bahwasanya beliau memotivasi para santri untuk meningkatkan kembali keimanan dan ketaqwaan serta mempersiapkan diri dalam memperbaiki diri di dalam pembelajaran di Ponpes Terpadu Al-Multazam. Adapun beliau mengajak segenap hadirin untuk kembali menghidupkan “Qiyamullail” atau sholat malam, mengingat banyak sekali keutamaannya.

Diantara keutamaan sholat malam antara lain :
1) Termasuk golongan orang sholeh dan menjadi asbab masuk ke dalam Surga, sebagaimana firman Allah Swt, “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat kebaikan, (yakni) mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (Adz-Dzariyat: 15-18)”

2) Tergolong orang yang mendapatkan rahmat dari Allah Swt, sebagaimana Sabdar Rosulullah Saw, “Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Semoga Allah merahmati laki-laki yang bangun malam, lalu melaksanakan shalat dan membangunkan istrinya. Jika sang istri menolak, ia memercikkan air di wajahnya. Juga, merahmati perempuan yang bangun malam, lalu shalat dan membangunkan suaminya. Jika sang suami menolak, ia memercikkan air di wajahnya.” (HR. Abu Daud)”

3) Waktu Sholat malam merupakan waktu mustajab do’a sebagaimana sabda Rosulullah Saw, “Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda: “Allah turun ke langit dunia setiap malam pada 1/3 malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepadakepada- Ku tentu Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar” (HR. Bukhari no. 145 dan Muslim no.758)”

4) Mendapatkan tempat yang tertinggi, sebagaimana firman Allah Swt, “Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’:79)”

5) Dicintai Allah Swt, sebagaimana sabda Rosulullah Saw “Tiga golongan yang Allah mencintai dan tertawa kepada mereka serta memberi mereka berita gembira: orang yang manakala ada sekelompok pasukan terbuka peluang perang, dia berperang di belakang barisan pasukan itu dengan dirinya karena Allah SWT, (dia diantara satu dari dua pilihan) terbunuh atau dimenengkan oleh Allah SWT dan dicukupinya, maka Dia berkata : “Lihatlah kepada hamba-Ku ini, bagaimana ia bersabar dengan dirinya karena Aku. Orang yang mempunyai isteri yang cantik dan kasur yang lembut lagi bagus, lalu dia bangun sholat di malam hari, maka Allah berkata : Dia meninggalkan syahwatnya dan mengingat Aku, sekiranya dia mau tentunya dia tidur dan orang yang mana bila dia berada dalam perjalanan bersama para musafir yang bergadang lalu tidur maka dia bangun sholat di akhir malam baik dalam kondisi tidak senang atau senang.” (HR. Thabrani)”

Disamping beliau menyampaikan keutamaan Qiyamullail, beliau juga mengajak meningkatkan kedisiplinan dan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang sia-sia serta menjauhkan diri dari memakan atau memakai sesuatu yang syubhat bahkan haram.

Harapan dari kegiatan ini semoga para santri dan para asatidz memiliki kesiapan dalam pembelajaran ini, serta meluruskan kembali niatan kita mencari keridhaan Allah Swt.

Demikian laporan ini kami sampaikan, Yudi Yudistira dan Crew yang bertugas, MediaAM-Melaporkan

 

kunjungi album kami disini

Be Sociable, Share!

MediaAM

Ponpes Terpadu Al-Multazam merupakan Pondok Pesantren yang berada di bawah kaki Gunung Ciremai, Gunung terbesar di Jawa Barat dengan Cuaca yang sejuk, rindang, hijau, air bersih dan nyaman untuk pembelajaran. Adapun alamat Ponpes Terpadu Al-Multazam ada di dua tempat, yakni 1. Desa Maniskidul Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan 2. Desa Linggajati Kec. Cilimus, Kab. Kuningan Info Pendaftaran di www.prs.almultazam.sch.id