4 Kunci Mengajar yang sukses

4 Kunci Mengajar yang sukses

Mengajar yang menarik dan menyenangkan selain akan membantu siswa memahami materi juga akan memberikan kesan yang mendalam tentang sosok guru di mata siswa. Akan tetapi dalam kegiatan mengajar yang menarik dan menyenangkan memang tidak mudah harus terus berexsperimen, sharing dan adanya feedback.

Pengalaman saya dalam sharing ketika proses pembelajaran, mendapati bahwa minimal ada 4P yang harus dilakukan agar anda dapat mengajar dengan menarik dan menyenangkan.

1. Preparation
“Jika anda gagal membuat rencana itu berarti anda berencana untuk gagal” sebuah kutipan yang popular kita dengar. Persiapan adalah faktor pertama yang harus anda lakukan untuk dapat mengajar secara optimal. Persiapan fisik, psikis, metode, persiapan materi agar benar-benar menguasai, dan persiapan lainnya.

Persiapan juga berarti guru harus benar-benar membuat skenario pembelajaran secara detail dan menyiapkan media penunjang, sehingga memudahkan pemahan bagi siswa.

2. Practice
Saya yakin anda setuju dengan ungkapan “Practice make perfect.” Benar sekali bahwa kunci kesuksesan dalam mengajar adalah memerlukan latihan yang terus-menerus terhadap materi yang akan anda ajarkan.

3. People
Mengajar berhubungan dengan banyak siswa, oleh karena itu memiliki ilmu menangani siswa adalah komponen berikut yang harus anda kuasai. Salah satu cara menguasai siswa adalah dengan mengetahui gaya belajar siswa (Visual, Auditory, dan Kinestetik), mengetahui juga sikap dan karakteristiknya.

4. Performance
Mengajar layaknya pertunjukan opera jika performance menarik maka penonton akan antusias bahkan memberikan standing uplause, siswa akan tertarik jika performance guru yang mengajar menunjukan performa yang prima sehingga memberikan impact positif bagi siswa. Selain bahasa verbal, non verbal pun berbicara dan siswa memperhatikan segalanya.

Wallahu A’lam bishowab

Sharing ini mengingatkan diri sendiri🙏😇
Semoga Bermanfaat !

Kang Udin
Guru Motivator

Be Sociable, Share!

MediaAM

Ponpes Terpadu Al-Multazam merupakan Pondok Pesantren yang berada di bawah kaki Gunung Ciremai, Gunung terbesar di Jawa Barat dengan Cuaca yang sejuk, rindang, hijau, air bersih dan nyaman untuk pembelajaran. Adapun alamat Ponpes Terpadu Al-Multazam ada di dua tempat, yakni 1. Desa Maniskidul Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan 2. Desa Linggajati Kec. Cilimus, Kab. Kuningan Info Pendaftaran di www.prs.almultazam.sch.id